7 Sekolah Kedinasan ini merupakan Opsi Terbaik selain PTN!

Ada beberapa alasan nih mengapa Perguruan Tinggi Kedinasan alias Sekolah Kedinasan memiliki keketatan masuk yang gak kalah dengan PTN, bahkan lebih sulit. Sekolah Kedinasan menawarkan banyak kelebihan. Selain biaya pendidikan yang dinilai lebih terjangkau bahkan gratis, Sekolah Kedinasan menawarkan prospek karier lebih menjanjikan.

Karena berada di bawah kementerian dan lembaga pemerintahan, Sekolah Kedinasan umumnya mewajibkan lulusan yang memenuhi syarat untuk menjalani ikatan dinas di sejumlah lembaga pemerintah dan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ini yang dianggap sebagai “kepastian” kerja.  Biasanya, bagi siswa yang ingin langsung mendapatkan kepastian kerja usai kuliah atau bekerja di lembaga pemerintahan sebagai PNS, Sekolah Kedinasan kerap menjadi pilihan terbaik.

Berikut sejumlah sekolah kedinasan yang bisa kamu pertimbangkan, melansir Rencanamu.id.

1. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

Sekolah Kedinasan PKN STAN yang akrab disebut STAN merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah Kementrian Keuangan. Hampir semua lulusan yang memenuhi syarat akan bekerja di Kemenkeu atau lembaga negara terkait. PKN STAN menawarkan beragam program studi dengan gelar Diploma I sampai dengan Diploma IV. Program studi: Jurusan Akuntansi, Jurusan Pajak, Jurusan Kepabeanan dan Cukai, dan Jurusan Manajemen Keuangan.

Website resmi: http://pknstan.ac.id.

2. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Sekolah Kedinasan STIS merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Didirikan pada tahun 1958 dengan nama Akademi Ilmu Statistik (AIS) dan menawarkan jenjang Diploma III sampai Diploma IV. Program studi: Statistik dan Komputasi Statistik.

Website resmi: http://stis.ac.id.

3. Akademi Militer ( Akmil)

Hampir semua pemuda Indonesia yang ingin menjadi bagian dari militer tahu tentang Akademi Militer atau Akmil. Dari lembaga inilah, lahir para anggota TNI yang siap melindungi bangsa dan negara. Program studi: Teknik Sipil Pertahanan, Teknik Elektro Pertahanan, Administrasi Pertahanan, Manajemen Pertahanan.

Website resmi: http:// akmil.ac.id.

4. Institut Pemerintahan Dalam Negeri ( IPDN).

Walau sempat kontroversial, namun IPDN masih menjadi pilihan banyak anak SMA untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Berada di bawah Kementrian Dalam Negeri, kampus IPDN berada tak jauh dari Kota Bandung, yakni di Jatinangor, Jawa Barat. Program studi: Kebijakan Pemerintahan, Politik Pemerintahan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemerintahan, Manajemen Pembangunan, Kebijakan Pemerintahan.

Website resmi: http://spcp. ipdn.ac.id/spcp/.

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Bila Amerika Serikat memiliki Central Intelligence Agency (CIA) yang menjadi salah satu badan intelijen pemerintah federal Amerika Serikat, Indonesia juga memiliki Badan Intelijen Nasional alias BIN. BIN merupakan organisasi intel yang membawahi sekolah kedinasan STIN. Program studi: Agen dan Analis Intelijen.

Website resmi: http://stin.ac.id.

6. Sekolah Tinggi Meteorologi Kilmatologi dan Geofisika (STMKG)

Tertarik mempelajari soal perubahan iklim dan meteorologi? STMKG bisa pertimbangan untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Berada di bawah BMKG, perguruan tinggi kedinasan ini mempersiapkan para lulusan untuk bisa menjalankan tugas badan meteorologi itu sendiri. Program studi: Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, Instrumentasi.

Website resmi: http://ptb.stmkg.ac.id.

7. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN)

Perguruan tinggi kedinasan STTN berada di bawah Badan Tenaga Nuklir (BATAN), merupakan satu-satunya sekolah kedinasan di Indonesia yang benar-benar fokus pada bidang teknologi nuklir. Program studi: Teknofisika Nuklir dan Teknokimia Nuklir

Website resmi: http://sttn-batan.ac.id

Sumber:  https://edukasi.kompas.com/

Bagaimana Cara Pendaftaran dan Persiapan Masuk PKN STAN??

Hallo… bagi kalian yang ingin kuliah gratis dan dapat uang saku yuk daftarkan diri kalian di Sekolah Tinggi Kedinasan PKN STAN. Apa sih PKN STAN itu ?

PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) adalah, Perguruan Tinggi Ikatan Dinas dibawah naungan Kementrian Keungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan program tinggi studi diploma di bidang Keuangan Negara.

Program studi yang diselenggarakan oleh PKN STAN untuk lulusan SMA, Madrasah Aliyah dan SMK adalah pendidikan Program Studi Diploma I dan III. Adapun jurusan yang terdapat di PKN STAN antara lain :

  1. Jurusan Akuntansi, terdiri dari :
  • Program D-III Akuntansi
  • Program D-IV Akuntansi
  1. Jurusan Pajak, terdiri dari :
  • Program D-III Pajak
  • Program D-III PBB/Penilai
  • Program D-I Pajak
  1. Jurusan Kepabeanan dan Cukai, terdiri dari :
  • Program D-III Kepabeanan dan Cukai
  • Program D-1 Kepabeanan dan Cukai
  1. Jurusan Manajemen Keuangan, terdiri dari :
  • Program D-III Kebendaharaan Negara
  • Program D-III Manajemen Aset
  • Program D-1 Kebendaharaan Negara

Terdapat 4 Jurusan yang ada di PKN STAN yang terbagi menjadi 2 Program Diploma yaitu Program Diploma I dengan  lama pendidikan 2 Semester atau 1 tahun dan Program Diploma III dengan lama pendidikan 6 semester atau 3 tahun.

Lanjutkan membaca →

AYO!!!PERSIAPKAN DIRIMU MASUK PERGURUAN TINGGI KEDINASAN DENGAN MENGIKUTI BIMBEL!!!!

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) adalah sebuah perguruan tinggi di bawah departemen selain Depertemen Pendidikan Nasional, atau merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan. Saat ini terdapat beberapa Perguruan Tinggi Kedinasan terbaik di Indonesia antara lain STAN, IPDN, Poltekim, Poltekip, STTD, STMKG, STIS, STSN, STIN, AKMIL, AAL, AAU, AKPOL, STPI.

Untuk mendaftarkan diri di Perguruan Tinggi Kedinasan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh Calon Mahasiswa atau taruna baru ikatan dinas. Yaitu Ujian Tertulis, Ujian Fisik, Wawancara dan persiapan-persiapan lainnya. Calon Mahasiswa atau Taruna baru dituntut untuk bersungguh-sungguh dalam mempersiapan pendaftaran tersebut,  karena persaingan yang sangat ketat dan jumlah peminat yang sangat besar.

Persiapan yang matang sangat diperlukan oleh Calon Mahasiswa atau Taruna Baru sebagai bekal untuk memasuki Perguruan Tinggi Kedinasan. Banyak cara yang dilakukan  agar bisa lolos Perguruan Tinggi Kedinasan salah satunya dengan mengikuti Bimbingan Belajar sebagai upaya atau langkah  untuk memasuki Perguruan Tinggi Kedinasan tersebut. Saat ini banyak terdapat Bimbingan Belajar yang disiapkan khusus untuk memasuki Perguruan Tinggi Kedinasan sebagai wadah bagi Calon Mahasiswa atau Taruna untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti serangkaian persyaratan pendaftaran tes masuk PTK.

Salah satu Bimbingan Belajar terbaik saat ini adalah Bimbel Akses Education Center yang sudah berpengalaman selama lebih dari 6 Tahun dan telah berkontribusi meluluskan peserta didik menjadi CPNS di berbagai lembaga pemerintahan. Di tahun pertama  Akses Education Center berhasil meluluskan peserta didik hingga 80% di Perguruan Tinggi Kedinasan. Selain itu Bimbingan Belajar Akses Education Center juga telah berhasil meloloskan ke 7 Perguruan Tinggi Kedinasan yaitu, STAN, IPDN, Poltekim, Poltekip, STTD, STMKG, STIS.

Dari segi Pengajar Akses Education Center memiliki kualitas pengajaran Materi yang up to date. selain itu,  pengajar juga merupakan Alumni Kedinasan dan Mahasiswa yang aktif di Kedinasan. Bimbingan Belajar Akses Education Center juga memiliki mitra di 50 kota untuk memudahkan Calon Mahasiswa atau Taruna dalam mengikuti Bimbingan Belajar di lokasi terdekat sebagai bentuk persiapan untuk memasuki Perguruan Tinggi Kedinasan.

Hello world!

Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start writing!